Kamis, 16 Juni 2011

KEGIATAN BELAJAR 3 : LATIHAN 3 DASAR ELEKTRONIKA

.
LATIHAN - 1
  1. Jika tidak ada tegangan yang dihubungkan ke masukan osiloskop maka apakah yang akan tampak pada layar osiloskop?
  2. Apa yang akan tampak pada tampilan layar jika pembangkit basis waktu dimatikan ketika masih ada terhubung suatu tegagan masukan ?
  3. Blok manakah dari diagram blok osiloskop yang ada dalam gambar 10 yang kemungkinannya memiliki pengatur geser vertikal (vertical shift control)
  4. Blok manakah dari diagram blok yang ada dalam gambar 10 yang kemungkinannya ada pengatur taraf penyulutan (triger level control )?
  5. Jejak berkas sinar gelombang yang ada pada layar sedang menampilkan suatu tegangan yang memiliki puncak bagian atasnya tampak hilang begitu pula puncak bagian bawahnya. Bentuk gelombang ini ditampilkan dalam gambar 20. Pengatur yang manakah yang diatur untuk menampilkan keseluruhan bentuk gelombang yang utuh pada layar ?
  6. Untuk dapat menampilkan bentuk gelombang yang lebih besar maka pengatur VOLT/DIV akan diputar ke aarah batas tegangan yang lebih besar atau kah diputar kearah batas tegangan yang lebih kecil?
  7. Jika CRO menampoilkan 5 siklus dari suatu bentuk gelombang pada layar.Untuk menampilkan hanya satu siklus gelombang saja maka pengatur TIME/DIV akan diputar ke penyetelan yang lebih lama ataukah ke penyetelan yang lebih pendek ?
  8. Tuliskanlah dua buah pengatur yang mengatur tinggi vertikaql dari bentuk gelombang yang ditampilkan!
  9. Apakah posisi CAL ada pada banyak pengatur dana kenapa hal itu penting?
  10. Yang manakah dari tiga buah bentuk gelombang yang ditunjukkan dalam gambar 21 merupakan tampilan osiloskop yang terbaik dan kenapa demikian?
  11. Apakah yang akan terjadi pada bentuk gelombang yang ditampilkan jika saklar pemilih masukan vertikal sialihkan ke posisi ground?
  12. Yang manakah dari tiga macam bentuk gelombang yang ditunjukkan dalam gambar 22 berikut merupakan tampilan osiloskop yang paling baik dan kenapa demikian ?
  13. Apakah permasalahan bentuk gelombang yang ditampilkan dalam gambar 23 dan tombol pengatur yang mana digunakan untuk memperbaiki pe3rmasalahan tersebut?
  14. Kenapa digunakan probe CRO ketimbang test lead multi meter normal?
  15. Pengatur yang manakah yang akan merubah bentuk gelombang yang ditampilkan dalam gambar 24(a) agar tampak seperti yang ada dalam gambar 24(b).
  16. Gambarkan diagram blok dari sebuah osiloskop dalam ruang yang telah disediakan berikut. Gambar cukup hanya dengan satu masukan vertikal saja.
LATIHAN - 2
  1. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 10 ? VDC = …………………………….
  2. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 11 ? VDC = …………………………….
  3. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 12 ? VDC = …………………………….
  4. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 13 ? VDC = …………………………….
  5. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 14 ? VDC = …………………………….
  6. Berapakah tegangan masukan pada osiloskop yangtampak dalam gambar 15 ? VDC = …………………………….
LATIHAN - 3
  1. Berapakah tegangan puncak ke puncak, tegangan puncak dan tegangan RMS untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 22. Vp-p = ………… Vp = …………….. VRMS = ………………
  2. Berapakah tegangan puncak ke puncak, tegangan puncak dan tegangan RMS untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 23. Vp-p = ………… Vp = …………….. VRMS = ………………
  3. Berapakah tegangan puncak ke puncak, tegangan puncak dan tegangan RMS untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 24. Vp-p = ………… Vp = …………….. VRMS = ………………
  4. Berapakah tegangan puncak ke puncak, tegangan puncak dan tegangan RMS untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 25. Vp-p = ………… Vp = …………….. VRMS = ………………
  5. Berapakah tegangan puncak ke puncak untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 26.Vp-p = …………
  6. Berapakah tegangan puncak ke puncak untuk tegangan masukan yang diberkan ke osiloskop yang diperlihatkan dalam gambar 27. Vp-p = .............................
LATIHAN - 4
  • Berapakah tegangan DC maksimum, tegangan DC minimum, tegangan DC rata-rata, tegangan AC puncak ke puncak dan teggangan RMS untuk tegangan masukan yang dihubungkan ke osiloskop yang ada dalam gambar 31.
V DC MAKSIMUM = …………………… V DC MINIMUM = ……………………

V DC RATA-RATA = …………………… V AC PUNCAK KE PUNCAK = ……………………

V AC RMS = ……………………

  • Berapakah tegangan DC maksimum, tegangan DC minimum, tegangan DC rata-rata, tegangan AC puncak ke puncak dan teggangan RMS untuk tegangan masukan yang dihubungkan ke osiloskop yang ada dalam gambar 32.

V DC MAKSIMUM = …………………… V DC MINIMUM = ……………………

V DC RATA-RATA = …………………… V AC PUNCAK KE PUNCAK = ……………………

V AC RMS = ……………………

  • Berapakah tegangan DC maksimum, tegangan DC minimum, tegangan DC rata-rata, tegangan AC puncak ke puncak dan teggangan RMS untuk tegangan masukan yang dihubungkan ke osiloskop yang ada dalam gambar 33.

V DC MAKSIMUM = …………………… V DC MINIMUM = ……………………

V DC RATA-RATA = …………………… V AC PUNCAK KE PUNCAK = ……………………

V AC RMS = ……………………

  • Berapakah tegangan DC maksimum, tegangan DC minimum, tegangan DC rata-rata, tegangan AC puncak ke puncak dan teggangan RMS untuk tegangan masukan yang dihubungkan ke osiloskop yang ada dalam gambar 34.

V DC MAKSIMUM = …………………… V DC MINIMUM = ……………………

V DC RATA-RATA = …………………… V AC PUNCAK KE PUNCAK = ……………………

V AC RMS = ……………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya