Minggu, 18 Desember 2011

MA'AF, CARA DAHSYAT MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG


Traffic Web / Blog
TULISAN INI MUNGKIN TIDAK PERLU SAUDARA BACA,  karena bukan hal baru tulisan ini bagi para pembaca. Tetapi cara-cara kami adalah sedikit berbeda dengan apa yang telah kami baca. Bagi seorang Blogger, web traffic merupakan hal yang sangat diperlukan untuk meningkatkan popularitas blog yang kita miliki. Oleh sebab itulah, kami memberikan beberapa tips yang kami lakukan kepada Blogger semuanya. Bukan hal yang mustahil saat ini untuk mendapatkan 1000 pengunjung dalam waktu seketika bukan mimpi lagi khususnya untuk kaum blogger yang sedang fokus untuk meningkatkan web traffic (Traffic Web). Mungkin dalam benak saudara akan muncul pertanyaan, apakah ini bisa stabil? Apakah ini cara instan? Apakah akan terus berkelanjutan? dan Apakah serta Apakah masih banyak mungkin saja pertanyaan yang menghantui kita, silahkan anda nilai sendiri. (Kami tidak mengambil keuntungan dari ini, hehehehhe ….. kayak iklan aja). Hal utama yang perlu saudara lakukan :

  1. Menampilkan banyak aksesoris yang menarik dan warna-warni ? Mungkin hal ini akan terlihat menarik bagi sebagian kecil orang, tapi kita juga perlu memikirkan segment lain yang mengunjungi blog kita. Selain hal itu apakah dengan tampilan ini mampu memberikan kontribusi terhadap orang lain juga. Malah-malah ini hanya akan memperberat loading blog kita. Dengan aksesoris seperlunya mungkin akan lebih berarti dan elegan.
  2. Menampilkan blog dengan background yang ngejreng ? Hal ini mungkin memberikan kepuasan pada diri kita sendiri, tetapi buat orang lain bias dinilai (maaf) kita terlalu “norak”. Dengan tampilan warna-warna standar, saya piker mempunyai segmen yang lebih luas.
  3. Menampilkan hal-hal yang sedikit berbau penasaran ? (Maaf) Porno, atau semi, orang lain mungkin hanya sekali mengunjungi blog saudara.
  4. Memasang alexa top rank atau traffic Exchange? Hal ini mungkin perlu, untuk mengetahui posisi blog kita, tetapi signifikankah dengan manfaatnya. Saya kira dengan memasang alexa top rank atau traffic Exchange hanya akan memperberat loading blog kita saja.
  5. Mendaftarkan blog ke beberapa situs mesin pencari (search engine) yang ada di internet, seperti Google, Yahoo, AOL, Baidu, MSN, Altavista, dll ? Mungkin kita pernah melakukan untuk hal ini. Tetapi pada dasarnya search engine adalah robot, mereka tidak mungkin dapat kita kelabuhi dengan begitu mudahnya, tanpa kita kelabuhipun, jika apa yang mereka cari berada pada temtap kita mereka pasi jujur. Dengan melakukan pendaftaran di berbagai situs mesin pencari memungkinkan blog kita dianggap sebagai spam, sehingga akan memperingatkan kepada pengguna pada saat akan mengunjunginya.

Kesimpulan
Lantas, upaya apa yang perlu kita lakukan agar traffic web kita tetap mengena dihati pengujung dan akan terus berlanjut dan stabil ? Yang sering kami lakukan adalah berkunjung ke blog lain kemudian memberikan komentar yang baik dan tidak spam atau berkata yang tidak pantas jika kita memang orang berbudaya dan ingin mendapatkan Take and Give. Di ranah ini ajang silaturahim sangat kental, tidak menutup kemungkinan orang lain yang melihat komentar kita akan juga tertarik berkunjung ke blog kita. Hukum tabur tuai sangat berlaku di alam maya ini tak semata dinyata.

Buatlah artikel yang orisinil dan menarik; Jangan membuat blog dengan artikel aneh-aneh yang kita sendiri tidak tahu maksud dan tujuannya. Buatlah blog dengan artikel yang simpel, namun kita dapat melakukan manajemen dan pengembangannya secara berkala dan teratur. Sebagai contoh : kita dapat membuat blog sebagai buku harian kita atau membuat blog untuk menuangkan uneg-uneg dan pemikiran kita yang selama ini terpendam. Kita juga dapat menuangkan ide-ide yang aneh dan jika beruntung, akan ada orang yang menanggapinya dan kita dapat berdiskusi di dalamnya.

Buatlah artikel secara teratur; Blog dibuat untuk diisi dan diisi secara teratur, bukan untuk dibuat dan diisi kemudian ditinggalkan. Lebih baik kita mengisinya setiap sebualan sekali daripada mengisinya 20 kali sebulan dan kemudian kita menginggalkannya untuk jangka waktu satu tahun. Hal itu akan memeberi kesan bahwa blog tersebut tidak aktif, dan search engine pun akan sulit untuk melakukan indeks terhadapnya.

Berikan gambar pada tiap masing-masing posting di blog; Gambar memberikan kesan tersendiri pada ilustrasi sebuah posting di blog. Selain itu, gambar cukup mudah untuk masuk kepada indeks pencarian google. Terutama pencarian khusus pada sebuah gambar tertentu. Dalam blog yang saya buat ini, pengunjung blog yang berasal dari pencarian gambar mencapai lebih dari 30% (hingga saat ini). Hal tersebut berarti bahwa gambar memberikan peran yang signifikan terhadap tingkat popularitas sebuah blog

Tinggalkan alamat blog anda ketika anda melakukan komentar terhadap blog lain; Sering mengunjungi blog lain adalah hal yang berguna. Pertama, kita dapat belajar bagaimana cara penulisan orang lain ketika mengisi posting di sebuah blog. Kedua, kita dapat menambah berbagai macam pengetahuan yang mungkin belum atau tidak kita dapat. Ketiga, kita dapat bertukar informasi lewat komentar-komentar yang ada di blog. Keempat, kita dapat meningkatkan rating blog kita dengan meninggalkan alamat pada komentar-komentar mereka. Ini penting, karena orang yang berkunjung atau setidaknya pemilik blog akan tahu bahwa kita mempunyai alamat blog dan sesekali akan mengunjunginya.

Berikan beberapa sumber referensi dari blog atau web lain (pada posting yang anda ambil dari tempat lain); Jika anda mengambil artikel dari tempat lain, maka ada baiknya jika anda memberikan referensi tempat dimana artikel tersebut diambil. Hal tersebut mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, hal tersebut merupakan bentuk sopan santun dalam pengkopian sebuah hasil pemikiran. Kedua, referensi tersebut akan meningkatkan rating blog anda (setidaknya dalam penilaian alexa.com) atau jika didalam manajemen sebuah blog, beberapa manajemen blog akan menunjukan referensi tempat di mana ia sering diakases. Hal tersebut akan mencatat dari mana blog mereka akan diakses dan jika itu berasal dari blog kita. Maka blog kita akan memeperoleh keuntungan juga dari situ.

Sesekali menautkan ke dinding facebook kita, seringkali kita lupa bahwa kita punya sahabat yang baik disana dan barangkali mereka juga ingin membaca artikel kita hanya kita enggan saja maka kita yang memberi infonya melalui dinding facebook. jangan cemas jika tidak ada yang memberi apresiasi baik jempol maupun komentar, percayalah pasti satu diantara mereka interest untuk melihatnya.

Saya kira semua itu akan mampu memberikan hal yang terbaik buat kita. Suatu keberhasilan tidak mungkin akan kita dapatkan secara instan dan mudah, bagaimanakah menurut saudara …… ?

Referensi :
  • http://lareboyolali.blogdetik.com/
  • http://aninditasaktiaji.blogspot.com/
  • http://www.itv-gear.com/
  • http://arivatecs.blogspot.com/
  • http://cgeatpe.blogspot.com/
  • http://narmadi.net/

7 komentar:

  1. Mantab pak tips nya. karena keterbatasan waktu kadang tak bisa mengaplikasikan semuanya,

    BalasHapus
  2. Kalo saya keterbatasan pengetahuan bu ......

    BalasHapus
  3. T.O.P bgt pak.., karena masih pemain baru saya perlu banyak belajar nih

    BalasHapus
  4. untuk referensinya andai di Link ke URL yang bersangkutan kayaknya bagus boz....

    BalasHapus
  5. Catur, Saras : TQ, selalu kami tunggu masukkannya

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya