Sabtu, 02 Agustus 2014

MOTOR LISTRIK DC

Motor DC [1]
SUTARNO. Pada dasarnya motor DC sama dengan generator DC. Perbedaannya hanya pada pemakaiannya. Sebuah mesin DC bila diputar dengan penggerak mula dapat membangkitkan ggl dan mensuplai arus kepada rangkaian luar. Mesin yang sama bila dihubungkan dengan sumber tegangan yang sesuai, dapat digunakan sebagai motor.
Kerja motor terjadi apabila sebatang penghantar yang dialiri arus ditempatkan di dalam medan magnit. Gaya yang terjadi akan menghasilkan torsi atau menyebabkan timbulnya putaran bila penghantar tersebut bebas berputar.

A. Cara Kerja Motor DC

Cara Kerja Motor AC [2]
B. Diagram Motor DC

Rangkaian Motor DC [3]
C. Membuat Motor DC Sederhana
Rangkaian Motor DC Sederhana [4]

61 komentar:

  1. KELAS, ABSEN, NAMA : KOMENTAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. XI TITL 1 , 02, AFIFAH FEBRY:
      Prinsip Dasar Cara Kerja

      Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor.



      Gambar 2. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor .

      Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar 3 menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U.



      Gambar 3. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor.

      Catatan :

      Medan magnet hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut.

      Pada motor listrik konduktor berbentuk U disebut angker dinamo.



      Gambar 4. Medan magnet mengelilingi konduktor dan diantara kutub.

      Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub uatara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub. Lihat gambar 5.



      Gambar 5. Reaksi garis fluks.

      Lingkaran bertanda A dan B merupakan ujung konduktor yang dilengkungkan (looped conductor). Arus mengalir masuk melalui ujung A dan keluar melalui ujung B.

      Medan konduktor A yang searah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di bawah konduktor. Konduktor akan berusaha bergerak ke atas untuk keluar dari medan kuat ini. Medan konduktor B yang berlawanan arah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di atas konduktor. Konduktor akan berusaha untuk bergerak turun agar keluar dari medan yang kuat tersebut. Gaya-gaya tersebut akan membuat angker dinamo berputar searah jarum jam.

      Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor secara umum :

      Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya.
      Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran / loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
      Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar / torque untuk memutar kumparan.
      Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.
      Pada motor dc, daerah kumparan medan yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet yang melingkupi kumparan jangkar dengan arah tertentu. Konversi dari energi listrik menjadi energi mekanik (motor) maupun sebaliknya berlangsung melalui medan magnet, dengan demikian medan magnet disini selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan energi, sekaligus sebagai tempat berlangsungnya proses perubahan energi, daerah tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini :



      Gambar Prinsip kerja motor dc

      Agar proses perubahan energi mekanik dapat berlangsung secara sempurna, maka tegangan sumber harus lebih besar daripada tegangan gerak yang disebabkan reaksi lawan. Dengan memberi arus pada kumparan jangkar yang dilindungi oleh medan maka menimbulkan perputaran pada motor.

      Dalam memahami sebuah motor, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor. Beban dalam hal ini mengacu kepada keluaran tenaga putar / torque sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok :

      Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torquenya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torque konstan adalah corveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
      Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatn operasi. Contoh beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan (torque bervariasi sebagai kuadrat kecepatan).
      Peralatan Energi Listrik : Motor Listrik.

      Beban dengan energi konstan adalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.

      Hapus
    2. XI TITL 1, 04, ANJIK RAHMANTO:
      Sebuah motor DC magnet permanen biasanya tersusun atas magnet permanen, kumparan jangkar, dan sikat (brush). Medan magnet yang besarnya konstan dihasilkan oleh magnet permanen, sedangkan komutator dan sikat berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber di luar motor ke dalam kumparan jangkar. Letak sikat di sepanjang sumbu netral dari
      komutator, yaitu sumbu dimana medan listrik yang dihasilkan bernilai nol. Hal ini dimaksudkan agar pada proses perpindahan dari sikat ke komutator tidak terjadi percikan api. Medan stator memproduksi fluks Φ dari kutub U ke kutub S. Sikat – arang menyentuh terminal kumparan rotor di bawah kutub. Bila sikat – arang dihubungkan pada satu sumber arus serah di luar dengan tegangan V, maka satu arus I masuk ke terminal kumparan rotor di bawah kutub Udan keluar dari terminal di bawah kutub S. Dengan adanya fluks stator dan arus rotor akan menghasilkan satu gaya F bekerja pada kumparan yang dikenal dengan gaya Lorentz. Arah Fmenghasilkan torsi yang memutar rotor ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Kumparan yang membawa arus bergerak menjauhi sikat – arang dan dilepas dari sumber suplai luar. Kumparan berikutnya bergerak di bawah sikat – arang dan membawa arus I. Dengan demikian, gaya F terus menerus diproduksi sehingga rotor berputar secara kontinyu.

      Hapus
  2. Kelas:XI TITL 1, No.Abs:34, Nama:Zurnalis Ilyas
    Komentar:
    Bagaimana Cara membuat motor DC sederhana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. XI TITL 1, 16, DWI SUBAGIYO:
      Komponen - komponen yang terdapat pada motor DC? 1. Kutub Medan Secara sederhana digambarkan bahwa interaksi dua kutub magnet akan menyebabkan perputaran pada motor DC. Motor DC memiliki kutub medan yang stasioner dan dinamo yang menggerakkan bearing
      pada ruang di antara kutub medan. Motor DC sederhana memiliki dua kutub medan, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Garis magnetik energi membesar melintasi bukaan di antara kutub – kutub dari utara menuju selatan. Untuk motor yang lebih besar atau
      lebih kompleks, terdapat satu atau lebih elektromagnet.
      Elektromagnet menerima listrik dari sumber daya luar
      sebagai penyedia struktur medan. 2. Rotor Bila arus masuk menuju kumparan jangkar, maka arus ini akan menjadi elektromagnet. Rotor yang berbentuk silinder, dihubungkan ke as penggerak untuk menggerakkan beban. Untuk motor DC yang kecil, rotor berputar dalam medan magnet yang dibentuk oleh kutub – kutub, sampai kutub utara dan kutub selatan magnet berganti lokasi. Jika hal ini terjadi, arus berbalik untuk merubah kutub – kutub utara dan selatan rotor. 3. Komutator Komponen ini terdapat pada motor DC dan berfungsi untuk membalikkan arah arus listrik dalam kumparan jangkar. Komutator juga membantu dalam transmisi arus antara kumparan jangkar dan saluran daya.

      Hapus
    2. XI TITL 1, 22, KHOIRUL ANAM:
      Komponen Utama MOtor DC Kutub medan . Motor DC sederhana memiliki dua kutub medan: kutub utara dan kutub selatan. Garis magnetik energi membesar melintasi ruang terbuka
      diantara kutub-kutub dari utara ke selatan. Untuk motor yang lebih besar atau lebih komplek terdapat satu atau lebih elektromagnet. Current
      Elektromagnet atau Dinamo. Dinamo yang berbentuk silinder, dihubungkan ke as penggerak untuk menggerakan beban. Untuk kasus motor DC yang kecil, dinamo berputar dalam medan magnet yang dibentuk oleh kutub-kutub, sampai kutub utara dan selatan magnet berganti lokasi. Commutator . Komponen ini terutama ditemukan dalam motor DC. Kegunaannya adalah untuk transmisi arus antara dinamo dan sumber daya. Keuntungan utama motor DC adalah sebagai pengendali kecepatan, yang tidak mempengaruhi kualitas pasokan daya. Motor ini dapat dikendalikan dengan mengatur: Tegangan dinamo – meningkatkan
      tegangan dinamo akan meningkatkan
      kecepatan Arus medan – menurunkan arus medan akan meningkatkan
      kecepatan.

      Hapus
  3. XI TITL 1, 34,
    ZURNALIS ILYAS:
    Motor DC tersusun dari dua bagian yaitu bagian diam (stator) dan bagian bergerak (rotor). Stator motor arus searah adalah badan motor atau kutub magnet (sikat-sikat), sedangkan yang termasuk rotor adalah jangkar lilitanya. Pada motor, kawat
    penghantar listrik yang bergerak tersebut pada dasarnya merupakan lilitan yang berbentuk persegi panjang yang disebut kumparan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. XI TITL 1, 06, AMAT ROKIM:
      Sebuah motor DC magnet permanen biasanya tersusun atas magnet permanen, kumparan jangkar, dan sikat (brush). Medan magnet yang besarnya konstan dihasilkan oleh magnet permanen, sedangkan komutator dan sikat berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber di luar motor ke dalam kumparan jangkar. Letak sikat di sepanjang sumbu netral dari
      komutator, yaitu sumbu dimana medan listrik yang dihasilkan bernilai nol. Hal ini dimaksudkan agar pada proses perpindahan dari sikat ke komutator tidak terjadi percikan api. Medan stator memproduksi fluks Φ dari kutub U ke kutub S. Sikat – arang menyentuh terminal kumparan rotor di bawah kutub. Bila sikat – arang dihubungkan pada satu sumber arus serah di luar dengan tegangan V, maka satu arus I masuk ke terminal kumparan rotor di bawah kutub Udan keluar dari terminal di bawah kutub S. Dengan adanya fluks stator dan arus rotor akan menghasilkan satu gaya F bekerja pada kumparan yang dikenal dengan gaya Lorentz. Arah Fmenghasilkan torsi yang memutar rotor ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Kumparan yang membawa arus bergerak menjauhi sikat – arang dan dilepas dari sumber suplai luar. Kumparan berikutnya bergerak di bawah sikat – arang dan membawa arus I. Dengan demikian, gaya F terus menerus diproduksi sehingga rotor berputar secara kontinyu.

      Hapus
  4. DWI NOVITASARI, XI TITL 1, 14
    Mesin Arus Searah Mesin arus searah dapat berupa generator DC ataumotor DC. Untuk membedakan sebagai generator ataumotor dari mesin difungsikan sebagai apa. Generator DCalat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrikDC. Motor DC alat yang mengubah energi listrik DCmenjadi energi mekanik putaran. Sebuah motor DC dapat Gambar 6.1 Stator mesin DC dandifungsikan sebagai generator, atau sebaliknya generator medan magnet utama dan medanDC bisa difungsikan sebagai motor DC. magnet bantu Secara fisik mesin DC tampak jelas ketika rumah mo- tor atau disebut stator dibongkar terdapat kutub-kutub mag- net bentuknya menonjol Gambar 6.1. Mesin DC yang sudah dipotong akan tampak beberapa komponen yang mudah dikenali. Bagian yang berputar dan berbentuk belitan kawat dan ditopang poros disebut sebagai rotor atau jangkar Gambar 6.2 Fisik mesin DC Gambar 6.2. Bagian rotor mesin DC salah satu ujungnya terdapat komutator yang merupakan kumpulan segmen tembaga yang tiap-tiap ujungnya disambungkan dengan ujung belitan rotor (Gambar 6.3). Komutator merupakan bagian yang Gambar 6.3 Penampang komutator sering dirawat dan dibersihkan karena bagian ini bersinggungan dengan sikat arang untuk memasukkan arus dari jala-jala ke rotor. Sikat arang (carbon brush ) dipegang oleh pemegang sikat (brush holder) Gambar 6.4 agar kedudukan sikat arang stabil. Pegas akan menekan sikat arang sehingga hubungan sikat arang dengan komutator tidak goyah. Sikat arang akan memendek karena usia pemakaian dan secara periodik harus diganti dengan sikat Gambar 6.4 Pemegang sikat arang arang baru. Salah satu kelemahan dari mesin DC adalah kontak mekanis antara komutator dan sikatarang yang harus terjaga dan secara rutin dilakukan pemeliharaan. Tetapi mesin DC jugamemiliki keunggulan khususnya untuk mendapatkan pengaturan kecepatan yang stabil danhalus. Motor DC banyak dipakai di industri kertas, tekstil, kereta api diesel elektrik

    BalasHapus
  5. XI TITL 1, 05, AKBAR PUJO HANTORO: Dalam motor DC setahu saya ada 5 jenis motor, yakni:
    1. Motor DC magnet permanen
    Kumparan medan berupa magnet permanen, sehingga medan magnet yang dihasilkan berupa fluks magnetik konstan. Oleh karena fluks magnetik konstan, maka arus medan yang dihasilkan juga konstan.

    2. Motor DC penguat terpisah
    Kumparan medan dibentuk dari sejumlah besar kumparan dengan penampang kawat yang kecil. Kumparan medan tipe ini dirancang untuk tahan bekerja dengan tegangan nominal motor. Arus medan dan arus jangkar dipasok dari sumber yang berbeda.

    3. Motor DC shunt / parallel
    Kumparan medan sama seperti pada penguat terpisah, tetapi kumparan medan terhubung secara paralel dengan rangkaian rotor. Satu sumber yang sama digunakan untuk menyuplai kumparan medan dan rotor. Oleh karena itu, total arus dalam jalur merupakan penjumlahan arus medan dan arus jangkar. Kecepatan motor DC jenis ini pada prakteknya konstan, tidak tergantung pada beban (hingga torsi tertentu setelah kecepatannya berkurang). Oleh karena itu, motor DC jenis ini cocok untuk penggunaan komersial dengan beban awal yang rendah, seperti peralatan mesin.

    4. Motor DC seri
    Kumparan medan dihubungkan secara seri dengan kumparan jangkar. Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus jangkar. Pada saat kondisi awal, arus starting pada motor DC jenis ini akan sangat besar. Untuk itu, pada saat menjalankan motor harus disertai beban sebab apabila tanpa beban motor akan mempercepat tanpa terkendali. Kumparan medan terbuat dari sejumlah kecil kumparan dengan penampang kawat yang besar. Tipe demikian dirancang untuk mengalirkan arus besar dan terhubung seri/deret dengan kumparan rotor. Motor DC jenis ini cocok untuk penggunaan yang memerlukan torsi penyalaan awal yang tinggi, seperti derek dan alat pengangkat hoist.

    5. Motor DC kompon/campuran
    Konfigurasi motor DC tipe ini menggunakan gabungan dari kumparan seri danshunt/paralel. Pada motor DC jenis ini, kumparan medan dihubungkan secara paralel dan seri dengan kumparan jangkar. Dengan demikian, motor DC jenis ini akan memiliki torsi penyalaan awal yang baik dan kecepatan yang stabil. Semakin tinggi persentase penggabungan, yaitu persentase kumparan medan yang dihubungkan secara seri, maka semakin tinggi pula torsi penyalaan awal yang dapat ditangani.
    Nah, itulah 5 jenis motor DC beserta penjelasannya yang saya ketahui. Selain itu, motor DC juga biasa digunakan di bidang robotika, misalnya sebagai roda line tracer, sebagai aktuator lengan robot. Dan di bidang persenjataan misalnya aktuator meriam otomatis, dan lain sebagainya..
    Terima Kasih

    BalasHapus
  6. XI TITL 1, 32, WAHYU WIDODO:
    Motor DC adalah motor yang digerakkan oleh energi listrik arus searah. Salah satu jenis motor DC adalah motor DC magnet permanen. Motor DC tipe ini banyak ditemui penggunaanya baik di industri maupun di rumah tangga. Pada umumnya, penggunaan motor DC jenis ini adalah untuk sumber – sumber tenaga yang kecil, seperti pada rumah tangga dan otomotif. Bagaimana cara kerja motor
    DC?
    Sebuah motor DC magnet permanen biasanya tersusun atas magnet permanen, kumparan jangkar, dan sikat (brush). Medan magnet yang besarnya konstan dihasilkan oleh magnet permanen, sedangkan komutator dan sikat berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber di luar motor ke dalam kumparan jangkar. Letak sikat di sepanjang sumbu netral dari
    komutator, yaitu sumbu dimana medan listrik yang dihasilkan bernilai nol. Hal ini dimaksudkan agar pada proses perpindahan dari sikat ke komutator tidak terjadi percikan api.

    BalasHapus
  7. XI TITL 1, 15, DWI PERMANA SIDIK:
    Motor DC memerlukan
    suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet.

    BalasHapus
  8. XI TITL 1, 03, AJI SANTOSO:
    Motor listrik merupakan
    perangkat elektromagnetis
    yang mengubah energi listrik
    menjadi energi mekanik.
    Energi mekanik ini digunakan
    untuk, misalnya memutar impeller pompa, fan atau
    blower, menggerakan
    kompresor, mengangkat
    bahan,dll. Motor listrik
    digunakan juga di rumah
    (mixer, bor listrik, fan angin) dan di industri. Motor listrik
    kadangkala disebut “kuda
    kerja” nya industri sebab
    diperkirakan bahwa motor-
    motor menggunakan sekitar
    70% beban listrik total di industri.

    BalasHapus
  9. XI TITL 1, 20, INDRA NURYANTO:Motor DC memerlukan
    suplai tegangan yang searah
    pada kumparan medan untuk
    diubah menjadi energi
    mekanik. Kumparan medan
    pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar)
    dan kumparan jangkar
    disebut rotor (bagian yang
    berputar). Jika terjadi putaran
    pada kumparan jangkar
    dalam pada medan magnet, maka akan timbul tegangan
    (GGL) yang berubah-ubah arah
    pada setiap setengah putaran,
    sehingga merupakan
    tegangan bolak-balik. Prinsip
    kerja dari arus searah adalah membalik phasa tegangan dari
    gelombang yang mempunyai
    nilai positif dengan
    menggunakan komutator,
    dengan demikian arus yang
    berbalik arah dengan kumparan jangkar yang
    berputar dalam medan
    magnet. Bentuk motor paling
    sederhana memiliki kumparan
    satu lilitan yang bisa berputar
    bebas di antara kutub-kutub magnet permanen.

    BalasHapus
  10. XI TITL 1, 33, WISNU MUKTI WIBOWO:
    Motor DC merupakan jenis motor yang menggunakan tegangan searah sebagai sumber tenaganya. Dengan memberikan beda tegangan pada kedua terminal tersebut, motor akan berputar pada satu arah, dan
    bila polaritas dari tegangan tersebut dibalik maka arah putaran motor akan terbalik pula. Polaritas dari tegangan yang diberikan pada dua terminal menentukan arah putaran motor sedangkan besar dari beda tegangan pada kedua terminal menentukan kecepatan motor. Motor DC memiliki 2 bagian dasar :
    1. Bagian yang tetap/ stasioner yang disebut stator. Stator ini menghasilkan medan magnet, baik yang dibangkitkan dari sebuah koil (elektro magnet) ataupun magnet permanen. 2. Bagian yang berputar disebut rotor. Rotor ini berupa sebuah koil dimana arus listrik mengalir.

    BalasHapus
  11. XI TITL 1,23,Muh. Nasrullah Asnawi Ikhsan
    kekurangan dari motor DC adalah:

    Membutuhkan perawatan yang ekstra
    Lebih besar dan lebih mahal (jika dibandingkan dengan motor AC induksi)
    Tidak cocok untuk aplikasi kecepatan tinggi
    Tidak cocok untuk aplikasi berdaya besar
    Tidak cocok digunakan pada kondisi lingkungan yang cepat berdebu

    BalasHapus
  12. XI TITL 1,09,ASIH NUGROHO

    . 1 MOTOR LISTRIK Motor listrik
    merupakan sebuah perangkat
    elektromagnetis (akuator) yang
    mengubah energi listrik menjadi
    energi mekanik. Energi mekanik
    ini digunakan untuk, misalnya,
    memutar impellerpompa, fan
    atau blower, menggerakan
    kompresor, mengangkat bahan,
    dll. Motor listrik digunakan juga
    di rumah (mixer, bor listrik, fan
    angin) dan di industri. Motor
    listrik kadangkala disebut “kuda
    kerja” nya industri sebab
    diperkirakan bahwa motor-
    motor menggunakan sekitar
    70% beban listrik total di
    industri.

    BalasHapus
  13. XI TITL 1,01,Abdullah Rizki
    Kelebihan motor DC jika dibandingkan dengan motor AC adalah:

    Torka dan kecepatannya mudah dikendalikan
    Torka awalnya besar
    Performansinya mendekati linier
    Sistem kontrolnya relatif lebih murah dan sederhana
    Cocok untuk aplikasi motor servo karena respon dinamiknya yang baik
    Untuk aplikasi berdaya rendah, motor DC lebih murah dari motor AC

    BalasHapus
  14. XI TITL 1,13,DIMAS KALIPACSI AJI

    motor listrik DC masing-masing
    mempunyai daya 500 Watt 48
    Volt dilengkapi pengatur
    kecepatan dengan PWM ( Pulse
    Width Modulation ). Adapun
    metode
    yang digunakan adalah dengan
    membuat mobil listrik kapasitas
    satu penumpang dengan berat
    keseluruhan 170 kg , lebar 140
    cm dengan panjang 2 m
    menggunakan pipa, dan pernah
    digunakan untuk mengikuti
    lomba kompetisi mobil listrik III
    di Bandung. Hasil yang diperoleh
    yaitu dapat menempuh jarak
    7,5 km dengan waktu tempuh
    12,37 menit dengan kecepatan
    maksimum 36,4 km/jam dengan
    energy yang diperlukan sebesar
    206,17 Wattjam sehingga
    memperoleh juara 1 kategori
    kecepatan. Adapun jarak tempuh
    yang dapat dicapai tergantung
    dari batere yang ada, dengan
    batere 48 V/128 A Jam dapat
    mencapai jarak 181 km.

    BalasHapus
  15. XI TITL 1,31,WAHYU SEPTIAN HIDAYAT

    Motor DC
    Sebuah motor DC terdiri dari
    gilungan kawat (coil) yang
    berputar pada medan Magnet
    (Gambar 1). Arus pada coil
    dialurkan melalui brush yang
    kontak langsung dengan split
    ring. Coil berada pada medan
    magnet tetap, dan gaya yang
    dikeluarkan oleh arus pada
    kawat menghasilkan torsi pada
    coil.
    Image
    Gambar 1. Prinsip dasar motor
    listrik DC
    Gaya F pawa kawat dengan
    panjang L membawa arus listrik i
    pada medan magnet B adalah iLB
    dikali dengan sinus sudut antara
    B dan i. Arah dari gaya F
    mengikuti prinsip tangan kanan
    seperti diperlihatkan pada
    Gambar 1. Gaya yang
    diperlihatkan memiliki besaran
    yang sama namun dengan arah
    yang berbeda, sehingga gaya-
    gaya tersebut menghasilkan
    torsi. Mekanisme kerja mortor
    listrik DC diperlihatkan pada
    animasi berikut ini.
    Generator DC
    Motor listrik DC dapat juga
    berfungsi sebagai generator
    sebagaimana diperlihatkan pada
    animasi dibawah ini. Apabila coil
    yang diputar maka maka akan
    dihasilkan elekro magnet field.

    BalasHapus
  16. XI TITL 1,18, Fais Bayu Aji
    JENIS ,MOTOR
    • Motor dc, sebg prl.emergency(pltu/pltgu)
    • Motor ac,1 fasa dan 3fasa
    • 1 fasa,banyak digunakan rumah tangga
    • 3 fasa , banyak di industri (pltu,pltgu)

    KONSTRUKSI MOTOR
    • Statik, rangka stator ,belitan
    • Rotating, rotor.
    • Belitan motor 3 fasa = 3belitan
    • Belitan utama motor 1 fasa = 1 blt+bantu
    • Blt stator 3 fs = bintang, segitiga
    • Pendingin motor =
    - Udara
    - Air/pompa air renda

    PROSEDUR PERBAIKAN MOTOR
    • Sebelum dimatikan
    • Tes arus , berbeban/tdk berbeban
    >tes arus nominal masing fasa
     Motor stop,koordinasi operator
     Safety, bebaskan tegangan, katub2
     pasang tagging
     buka tutup terminal,tes teg.

    TAHAP PEMBONGKARAN
    • Lepas kabel suply power
    • Beri tanda antar fasa (3 fs)
    • Beri isolasi ujung kabel terbuka
    • Lakukan pengukuran
     Belitan body
     Fasa to fasa
     Fasa to neutral

    SISI MEKANIK
    • Lepas baut kopling pompa
    • Tes uji alignment(kesebarisan)
    • Lepas baut dudukan
    • Lepas baut breaket
    • lepas bearing( panaskan, tracker)
    • Penataan komponen motor.

    TAHAP PEMERIKSAAN
    • Bersihkan semua komponen
    • Periksa kondisi komponen
    • Periksa bearing
    • Ukur tahanan isolasi belitan
    > bandingkan dng refferensi (pabrik,data awal)

    TINDAKAN PERBAIKAN
    • Jika hasil pengukuran turun dbw
    standar.
     Bersihkan belitan gunakan cairan khusus
     Lapisi belitan gunakan insulation vernish.
     Keringkan dgn heater

    BalasHapus
  17. XI TITL 1,01,Hendrex Prabowo
    motor DC yang memiliki tiga komponen utama,yaitu:
    1.Kutub medan
    Kutub medan digambarkan sebagai interaksi dua kutub magnet akan menyebabkan perputaran pada motor DC. Motor DC memiliki kutub medan yang stasioner dan dinamo yang menggerakan bearing pada ruang diantara kutub medan. Motor DC sederhana memiliki dua kutub medan: kutub utara dan kutub selatan. Garis magnetik energi membesar melintasi bukaan diantara kutub-kutub dari utara ke selatan. Untuk motor yang lebih besar atau lebih komplek terdapat satu atau lebih elektromagnet. Elektromagnet menerima listrik dari sumber daya dari luar sebagai penyedia struktur medan.
    2. Dinamo
    Bila arus masuk menuju dinamo, maka arus ini akan menjadi elektromagnet. Dinamo yang berbentuk silinder, dihubungkan ke as penggerak untuk menggerakan beban. Untuk kasus motor DC yang kecil, dinamo berputar dalam medan magnet yang dibentuk oleh kutub-kutub, sampai kutub utara dan selatan magnet berganti lokasi. Jika hal ini terjadi, arusnya berbalik untuk merubah kutub-kutub utara dan selatan dinamo.
    3.Komutator
    Komutator terdapat terutama dalam motor DC. Kegunaannya adalah untuk membalikan arah arus listrik dalam dinamo. Commutator juga membantu dalam transmisi arus antara dinamo dan sumber daya. Selain itu komutator berfungsi untuk menyearahkan tegangan yang dihasilkan rotor menjadi tegangan DC.

    BalasHapus
  18. X TITL 1,17,EKO DARYONO

    Motor DC
    Sebuah motor DC terdiri dari
    gilungan kawat (coil) yang
    berputar pada medan Magnet
    (Gambar 1). Arus pada coil
    dialurkan melalui brush yang
    kontak langsung dengan split
    ring. Coil berada pada medan
    magnet tetap, dan gaya yang
    dikeluarkan oleh arus pada
    kawat menghasilkan torsi pada
    coil.
    Image
    Gambar 1. Prinsip dasar motor
    listrik DC
    Gaya F pawa kawat dengan
    panjang L membawa arus listrik i
    pada medan magnet B adalah iLB
    dikali dengan sinus sudut antara
    B dan i. Arah dari gaya F
    mengikuti prinsip tangan kanan
    seperti diperlihatkan pada
    Gambar 1. Gaya yang
    diperlihatkan memiliki besaran
    yang sama namun dengan arah
    yang berbeda, sehingga gaya-
    gaya tersebut menghasilkan
    torsi. Mekanisme kerja mortor
    listrik DC diperlihatkan pada
    animasi berikut ini.

    BalasHapus
  19. XI TITL 1,24,Muhamat Sidik P
    Peralatan rumah tangga apakah yang menggunakan motor listrik DC ????

    BalasHapus
  20. XI TITL 1, 11, BAMBANG TRI RAHARJO
    Motor DC merupakan sebuah
    perangkat elektromagnetis
    yang mengubah energi listrik
    menjadi energi mekanik. Energi
    mekanik ini digunakan untuk,
    misalnya, memutar impeller
    pompa, fan atau blower,
    menggerakan kompresor,
    mengangkat bahan, dll. Motor
    listrik digunakan juga di rumah
    (mixer, bor listrik, fan angin)
    dan di industri. Motor listrik
    kadangkala disebut “kuda
    kerja” nya industri sebab
    diperkirakan bahwa motor-
    motor menggunakan sekitar
    70% beban listrik total di
    industri.
    Keuntungan utama motor DC
    adalah sebagai pengendali
    kecepatan, yang tidak
    mempengaruhi kualitas
    pasokan daya. Motor ini dapat
    dikendalikan dengan mengatur:
    • Tegangan dinamo –
    meningkatkan tegangan
    dinamo akan meningkatkan
    kecepatan
    • Arus medan – menurunkan
    arus medan akan
    meningkatkan kecepatan.
    Motor DC tersedia dalam
    banyak ukuran, namun
    penggunaannya pada
    umumnya dibatasi untuk
    beberapa penggunaan
    berkecepatan rendah,
    penggunaan daya rendah
    hingga sedang seperti
    peralatan mesin dan rolling
    mills, sebab sering terjadi
    masalah dengan perubahan
    arah arus listrik mekanis pada
    ukuran yang lebih besar. Juga,
    motor tersebut dibatasi hanya
    untuk penggunaan di area
    yang bersih dan tidak
    berbahaya sebab resiko
    percikan api pada sikatnya.
    Motor DC juga relatif mahal
    dibanding motor AC.
    Hubungan antara kecepatan,
    flux medan dan tegangan
    dinamo ditunjukkan dalam
    persamaan berikut:

    BalasHapus
  21. Nama: Sri rusmini, Kelas : XI TITL 1, No abs: 30 Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet. Motor DC Sederhana motor dc,dc motor,Motor DC Sederhana,teori motor dc,prinsip kerja motor dc,bentuk motor dc,gambaran motor dc,analisa motor dc,landasan teori motor dc,artikel motro dc,motor dcyaitu,motor dc adalh,pengertian motor dc,bagian motor dc,konstruksi motor dc,struktur motor dc Prinsip Dasar Cara Kerja Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor dapat dilihat pada gambar berikut. Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor,medan magnet pada konduktor,medan magnet motor dc,arah medan motor dc,arah putar medan motor dc,medan magnet,motor dc,arah arus dan medan magnet,arah arus motor dc,arah putar motor dc,hukum arah putar motor dc,aliran arus motor dc Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar diatas menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U. Medan magnet hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut. Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub uatara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub. Gambar Reaksi Garis Fluks Gambar Reaksi Garis Fluks,reaksi medan motor dc,fluks motor dc,medan fluks motor dc,fluks magnet motor dc,arah fluks motor dc,arah medan motor dc Lingkaran bertanda A dan B merupakan ujung konduktor yang dilengkungkan (looped conductor). Arus mengalir masuk melalui ujung A dan keluar melalui ujung B. Medan konduktor A yang searah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di bawah konduktor. Konduktor akan berusaha bergerak ke atas untuk keluar dari medan kuat ini. Medan konduktor B yang berlawanan arah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di atas konduktor. Konduktor akan berusaha untuk bergerak turun agar keluar dari medan yang kuat tersebut. Gaya-gaya tersebut akan membuat angker dinamo berputar searah jarum jam. Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor secara umum : Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya. Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran / loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.

    BalasHapus
  22. Nama : Puji Lestari
    No.Absen ; 26
    Kelas ; XI TITL 1

    Motor listrik merupakan perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan,dll. Motor listrik digunakan juga di rumah (mixer, bor listrik, fan angin) dan di industri. Motor listrik kadangkala disebut “kuda kerja” nya industri sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri.

    Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Jika terjadi putaran pada kumparan jangkar dalam pada medan magnet, maka akan timbul tegangan (GGL) yang berubah-ubah arah pada setiap setengah putaran, sehingga merupakan tegangan bolak-balik. Prinsip kerja dari arus searah adalah membalik phasa tegangan dari gelombang yang mempunyai nilai positif dengan menggunakan komutator, dengan demikian arus yang berbalik arah dengan kumparan jangkar yang berputar dalam medan magnet. Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen.

    Gambar

    BalasHapus
  23. Nama : nada pibritama
    klas : XTITL I
    No.Ab :25

    MOTOR LISTRIK Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis (akuator) yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya, memutar impellerpompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll. Motor listrik digunakan juga di rumah (mixer, bor listrik, fan angin) dan di industri. Motor listrik kadangkala disebut “kuda kerja” nya industri sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri. (http://hernawan471.blogspot.com/2012/12/motor-listrik.html) (hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/magnetic/mothow.html#c1) 1. 2. 3. 4. 1. 2. 3. Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor secara umum adalah: Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisiloop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan. Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan. Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan. Dalam memahami sebuah motor, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/ torque sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok: Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torque nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torque konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan. Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan (torquebervariasi sebagai kwadrat kecepatan). Beban dengan energi konstan adalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin. Jenis-Jenis Motor Dibawah ini adalah bagan mengenai macam – macam motor listrik berdasarkanpasokan input, konstruksi, dan mekanisme operasi yang terangkum dalam klasifikasi motor listrik.

    BalasHapus
  24. Nama ; Ana oktafia
    no ; 07
    kelas ; XI TITL I

    2 Pada suatu mesin listrik atau lebih sering kita kenal dengan sebutan motor listrik atau dynamo, terdapat dua jenis motor yang berbeda di antara nya adalah mesin/motor DC (direct current) atau sering kita sebut juga dengan motor arus searah, dan motor AC (alternating current) yang sering kita sebut juga dengan motor arus bolak balik, atau lebih tepatnya yang biasa kita jumpai pada kehidupan kita sehari hari yaitu motor yang pemasangan sumber catu dayanya langsung kita hubungkan pada tegangan lstrik tanpa melalui proses konversi tegangan terlebih dahulu. Dapat kita ambil contoh seperti motor pada Pompa air , Motor tersebut adalah salah satu contoh motor yang menggunakan system pergerakan AC (alternating current), sedangkan motor DC (direct current) biasa nya dapat kita jumpai pada motor mainan anak-anak, seperti yang terdapat pada Tamiya, Mobil-mobilan dan lain sebagainya. MOTOR DC Motor DC merupakan jenis motor yang menggunakan tegangan searah sebagai sumber tenaganya. Dengan memberikan beda tegangan pada kedua terminal tersebut, motor akan berputar pada satu arah, dan bila polaritas dari tegangan tersebut dibalik maka arah putaran motor akan terbalik pula. Polaritas dari tegangan yang diberikan pada dua terminal menentukan arah putaran motor sedangkan besar dari beda tegangan pada kedua terminal menentukan kecepatan motor. Gambar Motor DC Motor DC memiliki 2 bagian dasar : Sedangkan gambar ilustrasi ini adalah bagian dari roror, yaitu bagian dari motor DC yang berputar

    BalasHapus
  25. XI TITL1,08,ANIS AYUNING TIYAS:
    MOTOR LISTRIK ARUS SEARAH
    Mesin Arus Searah
    Mesin arus searah dapat berupa
    generator DC
    atau
    motor DC
    . Untuk membedakan sebagai generator ataumotor dari mesin difungsikan sebagai apa.
    Generator DC
    alat yang mengubah
    energi mekanik
    menjadi
    energi listrik DC
    . Motor DC alat yang mengubah energi listrik DCmenjadi energi mekanik putaran. Sebuah motor DC dapatdifungsikan sebagai generator, atau sebaliknya generator DC bisa difungsikan sebagai motor DC.Secara fisik mesin DC tampak jelas ketika rumah mo-tor atau disebut stator dibongkar terdapat kutub-kutub mag-net bentuknya menonjol
    Gambar 6.1
    . Mesin DC yang sudahdipotong akan tampak beberapa
    komponen
    yang mudahdikenali. Bagian yang berputar dan berbentuk belitan kawatdan ditopang poros disebut sebagai rotor atau jangkar
    Gambar 6.2
    .Bagian rotor mesin DC salah satu ujungnya terdapatkomutator yang merupakan kumpulan segmen tembagayang tiap-tiap ujungnya disambungkan dengan ujung belitanrotor (
    Gambar 6.3
    ). Komutator merupakan bagian yangsering dirawat dan dibersihkan karena bagian inibersinggungan dengan sikat arang untuk memasukkan arusdari jala-jala ke rotor.Sikat arang (
    carbon brush
    ) dipegang olehpemegang sikat (
    brush holder
    )
    Gambar 6.4
    agar kedudukan sikat arang stabil. Pegas akan menekan sikatarang sehingga hubungan sikat arang dengan komutator tidak goyah. Sikat arang akan memendek karena usiapemakaian dan secara periodik harus diganti dengan sikatarang baru.Salah satu kelemahan dari mesin DC adalah kontak mekanis antara komutator dan sikatarang yang harus terjaga dan secara rutin dilakukan pemeliharaan. Tetapi mesin DC jugamemiliki keunggulan khususnya untuk mendapatkan pengaturan kecepatan yang stabil danhalus. Motor DC banyak dipakai di industri
    kertas
    ,
    tekstil
    ,
    kereta api diesel elektrik
    , dansebagainya.
    Gambar 6.1
    Stator mesin DC danmedan magnet utama dan medanmagnet bantu
    Gambar 6.3
    Penampang komutator
    Gambar 6.4
    Pemegang sikat arang
    Gambar 6.2
    Fisik mesin DC

    166
    Gambar 6.7
    Pembangkitan tegangan DC pada angker
    Mesin DC dapat difungsikan sebagai generator DC maupun sebagai motor DC. Saat sebagai generator DC fungsinya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik,sedangkan sebagai Motor DC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.
    6.2 Prinsip Kerja Generator DC
    Prinsip kerja generator DC berdasarkan padakaidah tangan kanan. Sepasang magnet permanen utara-selatan menghasilkan garis medan magnet F, kawatpenghantar di atas telapak tangan kanan ditembus garismedan magnet F. Jika kawat digerakkan ke arah ibu jari,maka dalam kawat dihasilkan arus listrik I yang searahdengan keempat arah jari tangan
    Gambar 6.5
    .Bagaimana kalau posisi utara-selatan magnet permanendibalik? Ke mana arah arah arus listrik induksi yangdihasilkan?Percobaan secara sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan sepasang magnetpermanen berbentuk
    U
    , sebatang kawat digantung dikedua sisi ujungnya, pada ujung kawatdipasangkan Voltmeter (
    Gambar 6.6
    ).Batang kawat digerakkan ke arah panah, pada kawatdihasilkan ggl induksi dengan tegangan yang terukur padaVoltmeter.Besarnya ggl induksi yang dibangkitkan:
    u
    i
    =
    B · L · v · z Volt
    u
    i
    = Tegangan induksi pada kawat, V
    B
    = Kerapatan medan magnet, Tesla
    L
    = Panjang kawat efektif, meter
    v
    = Kecepatan gerak, m/detik
    z
    = Jumlah belitan kawatBelitan kawat generator berbentuk silinder dan beberapa kawat dibelitkan selanjutnyadisebut belitan rotor atau belitan jangkar. Kedudukan I, ketika rotor digerakkan searah jarum jam, kawat 1 tanda silang (
    menjauhi kita
    ), kawat 2 tanda titik (
    mendekati kita
    ) ggl induksimaksimum. Posisi II kawat 1 dan kawat 2 berada pada garis netral ggl induksi sama dengannol. Posisi III kawat kebalikan posisi I dan ggl induksi tetap maksimum

    BalasHapus
  26. nama : dian ambarwati , kelas : XI TITL 1, No.abs : 12 Apa jenis - jenis dari motor DC?
    Berdasarkan penguatannya, motor arus searah dapat diklasifikasi-kan menjadi motor DC penguatan terpisah dan penguatan sendiri (self excited). Motor – motor pada masing – masing kelompok memiliki karakteristik kecepatan – torsi yang berbeda.
    1. Motor DC magnet permanen
    Kumparan medan berupa magnet permanen, sehingga medan magnet yang dihasilkan berupa fluks magnetik konstan. Oleh karena fluks magnetik konstan, maka arus medan yang dihasilkan juga konstan.

    2. Motor DC penguat terpisah
    Kumparan medan dibentuk dari sejumlah besar kumparan dengan penampang kawat yang kecil. Kumparan medan tipe ini dirancang untuk tahan bekerja dengan tegangan nominal motor. Arus medan dan arus jangkar dipasok dari sumber yang berbeda.

    3. Motor DC shunt / parallel
    Kumparan medan sama seperti pada penguat terpisah, tetapi kumparan medan terhubung secara paralel dengan rangkaian rotor. Satu sumber yang sama digunakan untuk menyuplai kumparan medan dan rotor. Oleh karena itu, total arus dalam jalur merupakan penjumlahan arus medan dan arus jangkar. Kecepatan motor DC jenis ini pada prakteknya konstan, tidak tergantung pada beban (hingga torsi tertentu setelah kecepatannya berkurang). Oleh karena itu, motor DC jenis ini cocok untuk penggunaan komersial dengan beban awal yang rendah, seperti peralatan mesin.

    4. Motor DC seri
    Kumparan medan dihubungkan secara seri dengan kumparan jangkar. Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus jangkar. Pada saat kondisi awal, arus starting pada motor DC jenis ini akan sangat besar. Untuk itu, pada saat menjalankan motor harus disertai beban sebab apabila tanpa beban motor akan mempercepat tanpa terkendali. Kumparan medan terbuat dari sejumlah kecil kumparan dengan penampang kawat yang besar. Tipe demikian dirancang untuk mengalirkan arus besar dan terhubung seri/deret dengan kumparan rotor. Motor DC jenis ini cocok untuk penggunaan yang memerlukan torsi penyalaan awal yang tinggi, seperti derek dan alat pengangkat hoist.

    5. Motor DC kompon/campuran
    Konfigurasi motor DC tipe ini menggunakan gabungan dari kumparan seri danshunt/paralel. Pada motor DC jenis ini, kumparan medan dihubungkan secara paralel dan seri dengan kumparan jangkar. Dengan demikian, motor DC jenis ini akan memiliki torsi penyalaan awal yang baik dan kecepatan yang stabil. Semakin tinggi persentase penggabungan, yaitu persentase kumparan medan yang dihubungkan secara seri, maka semakin tinggi pula torsi penyalaan awal yang dapat ditangani

    BalasHapus
  27. NAMA:Bagas indriawan KELAS:X TITL 1 NOASBN:10 PRINSIP KERJA MOTOR DC




    Mesin DC dapat difungsikan sebagai generator DC maupun sebagai motor DC. Saat sebagai generator DC fungsinya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan sebagai motor DC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Secara umum konstruksi motor dan generator DC adalah sama, yaitu terdiri dari stator dan rotor. Motor-motor DC pada awalnya membutuhkan momen gerak (gaya torsi) yang besar dan tidak memerlukan kontrol kecepatan putar. Kecepatan putar motor selanjutnya akan dikontrol oleh medan magnet.

    Pada motor DC dengan penguat terpisah, sumber eksitasi didapat dari luar, misalnya dari aki. Terjadinya gaya torsi pada jangkar disebabkan oleh hasil interaksi dua garis medan magnet. Kutub magnet menghasilkan garis medan magnet dari utara-selatan melewati jangkar. Lilitan jangkar yang dialiri arus listrik DC mengasilkan magnet dengan arah kekiri ditunjukkan anak panah (Gambar 4.22).

    Interaksi kedua magnet berasal dari stator dengan magnet yang dihasilkan jangkar mengakibarkan jangkar mendapatkan gaya torsi putar berlawanan arah jarus jam. Untuk mendapatkan medan magnet stator yang dapat diatur, maka dibuat belitan elektromagnet yang da-pat diatur besarnya arus eksitasinya.
    Mesin DC dapat difungsikan sebagai generator DC maupun sebagai
    motor DC. Saat sebagai generator DC fungsinya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan sebagai motor DC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

    BalasHapus
  28. nama ; SILVIANA N.S , kelas XI TITL 1 , no.abs ; 29
    Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet. Motor DC Sederhana motor dc,dc motor,Motor DC Sederhana,teori motor dc,prinsip kerja motor dc,bentuk motor dc,gambaran motor dc,analisa motor dc,landasan teori motor dc,artikel motro dc,motor dcyaitu,motor dc adalh,pengertian motor dc,bagian motor dc,konstruksi motor dc,struktur motor dc Prinsip Dasar Cara Kerja Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor dapat dilihat pada gambar berikut. Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor,medan magnet pada konduktor,medan magnet motor dc,arah medan motor dc,arah putar medan motor dc,medan magnet,motor dc,arah arus dan medan magnet,arah arus motor dc,arah putar motor dc,hukum arah putar motor dc,aliran arus motor dc Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar diatas menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U. Medan magnet hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut. Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub uatara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub.

    BalasHapus
  29. NAMA:KARMANI,KELAS:XI,NO:211. 1. Motor DC merupakan alat yang mengubah energi listrik DC menjadi energi mekanik putaran. Sebuah motor DC dapat difungsikan sebagai generator atau sebaliknya generator DC dapat difungsikan sebagai motor DC.
    2. Jenis-jenis motor DC yaitu motor DC penguat terpisah dan motor DC dengan penguat sendiri yang terbagi lagi menjadi motor DC Shunt, Seri, dan Kompon.
    3. Aplikasi dari motor DC yaitu antara lain sebagai penggerak pintu geser pada otomatisasi sistem monitoring ruangan penyimpanan database. Selain itu
    juga dalam rangkaian robot sederhana.

    BalasHapus
  30. XI TITL 1, 27, Riky Prian Prasetyo
    Motor Listrik DC (Direct Current)
    Motor listrik DC adalah motor yang penggeraknya berdasarkan sumber tegangan DC (Direct Current) seperti battery dan accu. Namun secara prinsip masih sama dengan motor AC.

    sedangkan berdasarkan sumber daya nya , motor listrik DC dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya terpisah/ Separately Excited dan sumber daya sendiri / Self Excited.

    A. Sumber daya terpisah (Separately Excited)
    Adalah jenis motor DC yang sumber arus medan disupply dari sumber terpisah, sehingga motor listrik DC ini disebut motor DC sumber daya terpisah (separately excited).

    B. Sumber daya sendiri (Self Excited)
    Adalah jenis motor DC yang sumber arus medan disupply dari sumberyang sama dengan kumparan motor listrik, sehingga motor listrik DC ini disebut motor DC sumber dayasendiri (self excited).

    Lebih dari pada itu, sumber daya sendiri (self excited) terbagi lagi menjadi 3 jenis berdasakan konfigurasi supplay medan kepada kumparan motor nya yaitu :

    1. Motor DC shunt
    Pada motor DC shunt gulungan medan (medan shunt) disambungkan secara paralel dengan gulungan motor listrik. Oleh karena itu total arus dalam jalur merupakan penjumlahan arus medan dan arus dinamo.

    2. Motor DC seri
    Pada motor DC seri, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara seri dengan gulungan kumparan motor (A). Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus dinamo.

    3. Motor DC kompon / gabung
    Motor Kompon DC merupakan gabungan motor seri dan shunt. Pada motor kompon, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara paralel dan seri dengan gulungan motor listrik. Sehingga, motor kompon memiliki torque penyalaan awal yang bagus dan kecepatan yang stabil.

    BalasHapus
  31. XI TITL 1,05,AKBAR PUJO HANTORO.
    Jawaban dari pertanyaan M. SIDIK PURNOMO: Menurut saya belum ada peralatan rumah tangga yang menggunakan motor DC.Mengapa belum ada? Karena apabila ada, konsumen akan kesulitan dalam menggunakannya, karena :
    1. Sumber arus searah/DC jarang sekali ditemui dirumah-rumah.
    2. Konsumen yang sudah tua saat akan menggunakan akan bingung pada penyambungan/pemasangan peralatan rumah tanggapada sumber arus(kalau pun ada).
    Nah, dari kedua alasan tsb sudah dapat disimpulkan bahwa motor DC memiliki kerugian dibandingkan motor AC apabila digunakan pada peralatan rumah tangga.

    BalasHapus
  32. XI TITL 2, 18, Nilam Lintang Cahyani: Jadi, Motor DC memerlukan suplai tegangan yamg searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utamanya terdiri dari Stator dan Rotor. Stator adalah bagian yang tidak dapat berputar, sedangkan Rotor adalah bagian yang berputar. Bentuk motor paling sederhana memiliki 1 lilitan yang bisa berputar bebas diantasa kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan DC dari batu baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks disekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari kita akan menunjuk arah garis fluks. Dengan semakin berkembangnya jaman, semakin banyak orang yang memakai motor listrik DC, Contohnya: Pada Tamiya dan Jam Tangan Listrik. Banyak pula yang memakai Motor Listrik DC dalam Produksi Industri.

    BalasHapus
  33. XI TITL 2, 16, Jayanti Mandasari: Dalam Motor Listrik ada Beban. Beban dalam Motor Listrik DC dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
    1. Beban Torque Konstan, adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasianya dimana torquenya tidak bervariasi.

    2. Beban dengan Variabel Torque, adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasinya.

    3. Beban dengan Energi Konstan beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatannya.

    BalasHapus
  34. XI TITL2, 30, Weni Eka Prihantari: saya mau menambahkan contoh dari Beban yang telah disampaikan oleh Jayanti Mandasari.

    1. Beban Torque Konstan. Contohnya beban dengan torque konstan adalah corveyors, rotary kilns dan pompa displacement konstan.

    2. Beban dengan Variabel Torque. Contohnya beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan.

    3. Beban dengan Energi Konstan. Contohnya untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.

    BalasHapus
  35. XITITL2,05,Anita AYU DWP: Ada tiga hal pokok yang terkait dengan GGL Induksi Motor Listrik DC, yaitu: 1. Adanya flux magnet yang dihasilkan oleh kutub magnet.

    2. Adanya kawat penghantar tempat terbentukya EMF.

    3. Adanya perubahan flux magnet yang melewati kawat penghantar listrik, dengan memutar rotor maka pada penghantar akan timbul EMF.

    BalasHapus
  36. XITITL2, 20, NOVIA SETYAWATI: Berdasarkan dari sumber arus penguat magnetnya, Motor Listrik DC dibedakan menjadi dua, yaitu:

    1. Motor Arus Searah Penguat Terpisah.
    Jika arus penguat magnet diperoleh dari sumber arus searah di luar motor tersebut.

    2. Motor Arus Searah Dengan Penguat Sendiri.
    Jika arus penguat magnet diperoleh dari motor itu sendiri.

    BalasHapus
  37. XI TITL2, 31, YANUAR RISKI RAMADHAN: Salah satu kelebihan Motor Dc adalah relatif gampang di dapat dan mudah diatur kecepatan putarnya. Pengaturan kecepatan Motor DC adalah menggunakan cara analog. Pengaturan keceptan Motor DC dengan mikrokontroler, cara pengaturan kecepatan dengan menggunakan PMW (Pulse Width Modulation). Salah satu untuk mengatur kecepatan Motor DC yg digunakan adalah teknik PMW untuk pengaturan kecepatan motor dgn cara merubah-rubah besarnya duty cycle pulsa. pulsa yg berubah-rubah ini yg menentukan kecepatan motor. Besarnya amplitudo dan frekuensi pulsa adalah tetap sedangkan besarnya duty cycle berubah-rubah sesuai dgn kecepatan yg diinginkan.

    BalasHapus
  38. XI TITL2, 26, SRIYANTO: Prinsip Motor DC yaitu Aliran arus di dalam penghantar yg berada di dalam pengaruh medan magnet akan menghasilkan gerakan . Besarnya gaya pada penghantar akan bertambah besar jika arus melalui penghantar bertambah besar

    BalasHapus
  39. XI TITL2, 26, SRIYANTO: Prinsip Motor DC yaitu Aliran arus di dalam penghantar yg berada di dalam pengaruh medan magnet akan menghasilkan gerakan . Besarnya gaya pada penghantar akan bertambah besar jika arus melalui penghantar bertambah besar

    BalasHapus

  40. XTITL2,02,Aji SUDRAJAD ; Menurut pendapat Saya motor listrik DC itu membutuhkan suplai tegangan yang searah untuk mengubah menjadi energi mekanik , dan dari video Motor Lstrik DC yang saya amati bagian utama yang berperan penting yaitu adalah Stator dan Rotor

    BalasHapus
  41. XI TITL2, 01, Ahmad Darojad M:

    jadi, menggunakan motor dc mempunyai keuntungan. Keuntungan utama motor dc adalah sebagai pengendali kecepatan, yang tidak memengaruhi kualitas pasokan daya. Motor ini dpt dikendalikan dengan mengatur:


    1. Tegangan dinamo - meningkatkan tegangan dinamo akan meningkatkan kecepatan.

    2. Arus medan - menurunkan arus medan akan meningkatkan kecepatan.

    BalasHapus
  42. XI TITL 2,khoirul anwar :motor listrik merupakan alat yang energi listik menjadi energi gerak yang banyak digunakan pada peralatan rumah tangga
    contohnya : msin cuci,blender,kipas angin,pompa air dll

    BalasHapus
  43. XI TITL2,06,Arma Apriyani Rahmawati:
    Bagian-bagian motor DC
    1.rangka/Gandar adalah tempat meletakan sebagian besar komponen mesin dan melindungi bagian mesin.
    2.Kutub medan terdiri dari inti kutub itu sendiri dan sepatu kutub udara yg ada diantara ruang kosong DC dibuat lebih besar dr inti fungsinya untuk menahan kumparan medan ditempatnya lalu kemudian menghasilkan distribusi fluks magnet yg lebih merata.
    3.Sikat/Brush adalh jembatan bagi aliran arus kelilitan jangkar
    4.Kumparan medan adalah susunan konduktor yg dibelitkan inti kutub
    5.Jangkar adalah silinder yg digunakan dalam menggunakan motor arus searah
    6.Kumparan jangkar adalah tempat yg vital dalam bentuk GGL induksi.
    Kumparan jangkar dibedakan menjadi 3 yaitu:
    1.kumparan jerat
    2.kumparan gelombang
    3.kumparan zig-zag

    BalasHapus
  44. XI TITL2, 14, Isnanik Mubarokah: Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi gerak mekanik.
    DC terdiri dari rotor dan stator.
    Rotor yaitu bagian motor yang berputar, sedangkan stator yaitu bagian motor yg tidak berputar.
    Motor paling sederhana mempunyai kumparan 1 lilitan yg dapat berputar bebas diantara kutub-kutub magnet permanen.

    BalasHapus
  45. xl TITL 2,12,Dimas julian eko saputra;
    apa yang dimaksud dengan motor listrik DC?dan kasih contoh dari motor listrik dc?

    BalasHapus
  46. Pada motor dc, daerah kumparan medan yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet yang melingkupi kumparan jangkar dengan arah tertentu. Konversi dari energi listrik menjadi energi mekanik (motor) maupun sebaliknya berlangsung melalui medan magnet, dengan demikian medan magnet disini selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan energi, sekaligus sebagai tempat berlangsungnya proses perubahan energi

    BalasHapus
  47. nama:Dani Zaenal Abidin,No.Absen:09,Kelas:XI TITL 2
    Pada motor dc, daerah kumparan medan yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet yang melingkupi kumparan jangkar dengan arah tertentu. Konversi dari energi listrik menjadi energi mekanik (motor) maupun sebaliknya berlangsung melalui medan magnet, dengan demikian medan magnet disini selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan energi, sekaligus sebagai tempat berlangsungnya proses perubahan energi

    BalasHapus
  48. Nama :Fajar Hidayat Mulya,No.Absen :13,Kelas :XI TITL2

    Pada jenis motor DC sendiri di bagi menjadi 3 tipe sebagi berikut :

    Motor DC Tipe Shunt
    Pada motor shunt, gulungan medan (medan shunt) disambungkan secara paralel dengan gulungan dinamo.Oleh karena itu total arus dalam jalur merupakan penjumlahan arus medan dan arus dinamo.
    Karakter kecepatan motor DC tipe shunt adalah :

    -Kecepatan pada prakteknya konstan tidak tergantung pada beban (hingga torque tertentu setelah kecepatannya berkurang) dan oleh karena itu cocok untuk penggunaan komersial dengan beban awal yang rendah, seperti peralatan mesin.

    -Kecepatan dapat dikendalikan dengan cara memasang tahanan dalam susunan seri dengan dinamo (kecepatan berkurang) atau dengan memasang tahanan pada arus medan (kecepatan bertambah).

    Motor DC Tipe Seri
    Dalam motor seri, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara seri dengan gulungan dinamo .Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus dinamo.

    Karakter kecepatan dari motor DC tipe seri adalah :

    -Kecepatan dibatasi pada 5000 RPM

    -Harus dihindarkan menjalankan motor seri tanpa ada beban sebab motor akan mempercepat tanpa terkendali.

    Motor DC Tipe Kompon/Gabungan
    Motor Kompon DC merupakan gabungan motor seri dan shunt. Pada motor kompon, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara paralel dan seri dengan gulungan dinamo . Sehingga, motor kompon memiliki torque penyalaan awal yang bagus dan kecepatan yang stabil.

    Karakter dari motor DC tipe kompon/gabungan ini adalah, makin tinggi persentase penggabungan (yakni persentase gulungan medan yang dihubungkan secara seri), makin tinggi pula torque penyalaan awal yang dapat ditangani oleh motor ini.

    BalasHapus
  49. nama:reza yuliansah, no.abs:23, kls XI TITL 2
    motor listrik merupakan perangkat elektronika yg mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. motor listrik di gunakan juga di rumah, seperti kipas angin, mesin cuci. kalau motor listrik DC seperti kipas pendingin, dinamo..

    BalasHapus
  50. Nama :Fahrurozi,No.absen :12,Kelas :XI TITL2

    PRINSIP KERJA MOTOR DC

    • Mesin DC dapat difungsikan sebagai generator DC maupun sebagai motor DC. Saat sebagai generator DC fungsinya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan sebagai motor DC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Secara umum konstruksi motor dan generator DC adalah sama, yaitu terdiri dari stator dan rotor. Motor-motor DC pada awalnya membutuhkan momen gerak (gaya torsi) yang besar dan tidak memerlukan kontrol kecepatan putar. Kecepatan putar motor selanjutnya akan dikontrol oleh medan magnet.\

    • Pada motor DC dengan penguat terpisah, sumber eksitasi didapat dari luar, misalnya dari aki. Terjadinya gaya torsi pada jangkar disebabkan oleh hasil interaksi dua garis medan magnet. Kutub magnet menghasilkan garis medan magnet dari utara-selatan melewati jangkar. Lilitan jangkar yang dialiri arus listrik DC mengasilkan magnet dengan arah kekiri ditunjukkan anak panah.
    • Interaksi kedua magnet berasal dari stator dengan magnet yang dihasilkan jangkar mengakibarkan jangkar mendapatkan gaya torsi putar berlawanan arah jarus jam. Untuk mendapatkan medan magnet stator yang dapat diatur, maka dibuat belitan elektromagnet yang da-pat diatur besarnya arus eksitasinya.
    • Mesin DC dapat difungsikan sebagai generator DC maupun sebagai motor DC. Saat sebagai generator DC fungsinya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan sebagai motor DC mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

    BalasHapus
  51. Nama :M,Diki Irawan,No.Absen :17,Kelas :XI TITL 2

    Inverter dan Rumus Menghitung Putaran Motor
    Inverter adalah suatu alat elektronika yang berfungsi untuk mengubah listrik DC menjadi listrik AC. Inverter merupakan kebalikan dari rectifier, dimana rectifier berfungsi untuk mengubah listrik AC menjadi listrik DC.

    Dalam dunia industri yang menggunakan motor-motor listrik (umumnya menggunakan motor induksi), inverter berfungsi untuk mengatur kecepatan motor tersebut. Kecepatan motor induksi ditentukan oleh frekuensi tegangan dan jumlah kutub motor, seperti yang dijelaskan dalam rumus menghitung putaran motor atau rpm:

    n = 120 × f ÷ p

    dimana:
    n = jumlah putaran, dalam satuan rpm
    f = frekuensi, dalam satuan Hz
    p = jumlah kutub

    Jumlah kutub motor telah ditentukan oleh pabrikan saat dibuat, dan frekuensi tegangan telah ditetapkan oleh penyedia jaringan listrik, seperti PLN yang menetapkan frekuensi tegangan sebesar 50 Hz, sehingga praktis putaran motor relatif tetap.

    Contoh perhitungan:
    Diketahui motor dengan daya 1,5 KW dan mempunyai jumlah kutub 4, berapakah jumlah putaran atau rpm motor tersebut?
    Penyelesaian:
    n = 120 × f ÷ p = 120 × 50 ÷ 4 = 1500 rpm

    Disini inverter bekerja mengatur kecepatan motor, dengan merubah frekuensi tegangan yang masuk ke motor.

    BalasHapus
  52. nama:Nino agung prasetyo,No absen:19, Kelas : XI TITL 2

    Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen.

    BalasHapus
  53. Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet. Motor DC Sederhana motor dc,dc motor,Motor DC Sederhana,teori motor dc,prinsip kerja motor dc,bentuk motor dc,gambaran motor dc,analisa motor dc,landasan teori motor dc,artikel motro dc,motor dcyaitu,motor dc adalh,pengertian motor dc,bagian motor dc,konstruksi motor dc,struktur motor dc Prinsip Dasar Cara Kerja Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor dapat dilihat pada gambar berikut. Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor,medan magnet pada konduktor,medan magnet motor dc,arah medan motor dc,arah putar medan motor dc,medan magnet,motor dc,arah arus dan medan magnet,arah arus motor dc,arah putar motor dc,hukum arah putar motor dc,aliran arus motor dc Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar diatas menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U. Medan magnet hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut. Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub uatara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub.

    BalasHapus
  54. nama:Nugroho pamunkas
    no :21
    kelas : X TITL 2


    Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah statos dan rotor dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Catu tegangan dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet. Motor DC Sederhana motor dc,dc motor,Motor DC Sederhana,teori motor dc,prinsip kerja motor dc,bentuk motor dc,gambaran motor dc,analisa motor dc,landasan teori motor dc,artikel motro dc,motor dcyaitu,motor dc adalh,pengertian motor dc,bagian motor dc,konstruksi motor dc,struktur motor dc Prinsip Dasar Cara Kerja Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor dapat dilihat pada gambar berikut. Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor Gambar Medan Magnet Yang Membawa Arus Mengelilingi Konduktor,medan magnet pada konduktor,medan magnet motor dc,arah medan motor dc,arah putar medan motor dc,medan magnet,motor dc,arah arus dan medan magnet,arah arus motor dc,arah putar motor dc,hukum arah putar motor dc,aliran arus motor dc Aturan Genggaman Tangan Kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah aliran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar diatas menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U. Medan magnet hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut. Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub uatara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub.

    BalasHapus
  55. XITITL2,29, Wahyu Dwi L: Ciri utama motor listrik DC (direct curent) dapat dilihat dari adanya kutub positif dan kutub negatif, yang kalau dihubungkan kedalam rangkaian tertutup menggunakan beban maka akan menghasilkan beda potensial atau disebut jg dgn tegangan jepit

    BalasHapus
  56. XI TITL 2,10,Deril firnanda Aji:Prinsip dasar motor
    listrik DC
    Gaya F pawa kawat dengan
    panjang L membawa arus listrik i
    pada medan magnet B adalah iLB
    dikali dengan sinus sudut antara
    B dan i. Arah dari gaya F
    mengikuti prinsip tangan kanan

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya