Jumat, 05 Mei 2017

[materi] PENYEGARAN INSTRUKTUR KLUSTER K-13

SUTARNO. Upaya pemerintah untuk mematangkan pelaksanaan K-13 terus dilakukan. Selepas adanya evaluasi mendalam terhadap pelaksanaan K-13 selama ini, pemerintah terus melaksanakan perbaikan pelaksanaan K-13 dari berbagai sisi. Menindaklanjuti hal tersebut antara lain pemerintah telah melakukan revisi untuk spektrum keahlian SMK. Saat ini, spektrum keahlian yang digunakan di lapangan adalah Spektrum Keahlian PMK Tahun 2013 yang diberlakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 7013/D/KP/2013 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Lahirnya Permendikbud Nomor 160 Tahun 2015 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 yang isinya antara lain memerintahkan penyempurnaan Kurikulum 2013, memberi ruang seiring dilakukan penyempurnaan Kurikulum 2013 SMK maka sekaligus dilakukan Penataan Spektrum Keahlian PMK secara menyeluruh, mulai dari penataan ulang jenis-jenis program pendidikan, penataan struktur kurikulum, hingga penataan ulang seluruh kompetensi dasar untuk seluruh jenis program pendidikan di SMK/MAK. Atas dasar itulah, sejak pertengahan tahun 2015 Direktorat Pembinaan SMK secara intensif terus melakukan penyempurnaan dimaksud, dan pada saat ini Spektrum Keahlian PMK yang baru telah ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 4678/D/KEP/MK/2016. Adapun Struktur Kurikulum SMK/MAK untuk 142 Kompetensi Keahlian (sesuai dengan Spektrum Keahlian PMK yang baru) telah pula ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 130/D/KEP/KR/2017. Selanjutnya, segera akan diselesaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dari seluruh Mata Pelajaran yang terdapat pada masing-masing Struktur Kurikulum Kompetensi Keahlian. Hasil penyempurnaan Kurikulum 2013 SMK tersebut akan diterapkan secara serentak dan bertahap mulai kelas X di seluruh SMK Pelaksana Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2017/2018 yang akan datang.
Sejalan dengan hal tersebut, LPMP Jawa Tengah sebagai tangan panjang pemerintah pusat menindaklanjuti melalui upaya PENYEGARAN INSTRUKTUR KLUSTER. Instruktur cluster inilah nanti yang akan menyebarluaskan di wilayah kabupaten masing-masing. Pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain dilaksanakan di Hotel @HOM Kudus tanggal 02 – 06 Mei 2017. Adapun materi kegiatan tersebut bagi yang membutuhkan dapat mengambil pada link di bawah ini :
3.      eRaporSMK 2017.
4.      Materi _Rajiyo.
5.      TUGAS Kudus 1.
6.      TUGAS Kudus 2.
7.      TUGASKudus 3.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya